Kelapa merupakan salahsatu potensi unggulan di Kabupaten Tambrauw. BPS Kabupaten Sorong (2020) mencatat bahwa produksi kelapa selama tahun 2017 adalah sebesar 2493 ton. Tetapi belum diketahui secara pasti berapa luasan dan produktivitas kepala di Kabupaten Tambrauw. Pengelolaan kelapa yang telah dilakukan oleh masyaralat local selama ini di Kabupaten Tambrauw terutama pada beberapa Distrik berupa kopra dan minyak kelapa. Tetapi masih terkendala pada pemasaran dan hal terkait lainnya seperti sertifikat halal, nilai kandungan gizi, surat ijin BPOM serta promosi yang memadai. Dalam kerja sama dengan Bank Indonesia dengan Faperta melalui scheme pendanaan mereka, akan dilakukan beberapa kegiatan yang melibatkan dosen dan mahasiswa Faperta. Bagi mahasiswa dibuka kesempatan untuk melakukan Praktek Kerja Lapang dan Penyelesaian Tugas Akhir. Bagi tenaga dosen kesempatan ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan penelitian mandiri dan atau pengabdian pada masyarakat. Kegiatan ini akan berlangsung selama Dua bulan di enam distrik antara lain Distrik Abun, Tobouw, Werur, Kwoor, Sausapor dan Amberbaken. Lingkup Kegiatan yang akan dilakukan adalah (1). Pendataan luas areal dan produktifitas perkebunan kelapa di Kabupaten Tambrauw. Kegiatan ini akan dilakukan dalam bentuk praktek kerja lapang (PKL) yang dilakukan oleh mahasiswa dari Fakultas Pertanian; (2). Pembentukan dan pemberdayaan kelompok tani kelapa dalam bentuk penyuluhan dan pendampingan dalam penanganan pasca panen kelapa dan menghasilkan produk kopra, minyak kelapa, virgin coconut oil (VCO), arang tempurung kelapa dan cocopeat. Tujuan dari kegiatan ini adalah: (1). Pendataan luas areal dan produktifitas perkebunan kelapa di Kabupaten Tambrauw; (2). Penyusunan informasi pemasaran kopra di distrik-distrik terpilih; (3). Pembentukan kelompok tani kelapa di distrik-distrik terpilih; (4). Meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi kopra, minyak kelapa, virgin coconut oil (VCO), arang tempurung kelapa dan cocopeat.

Jika sdr/i mahasiswa tertarik, dapat berkoordinasi dengan Program Studi dan berkonsultasi dengan pembimbing akademik kemudian mendaftarkan diri pada tautan ini.

Pendaftaran segera ditutup hari ini setelah memenuhi kuota yang ditentukan. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi nomor kontak berikut 082239838384 (Els Tieneke Rieke, Ph.D).